Wednesday, October 14, 2015

15 Tanda Awal Terkena Kanker Payudara

Wednesday, October 14, 2015 Unknown
tanda-tanda dan ciri-ciri kanker payudara
ilustrasi : babcn
Sesuai namanya, kanker payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya sel kanker di daerah payudara. Penyakit ini kebanyakan menyerang perempuan, tetapi laki-laki juga bisa terkena. Ciri Ciri Kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker dengan jumlah penderita terbanyak nomor dua di dunia.

Sedangkan dari tingkat kematian, jenis kangker ini menyebabkan kematian nomor lima terbesar di dunia. Tanda awal dari kanker payudara adalah ditemukannya benjolan yang terasa berbeda pada payudara. 

Jika ditekan, benjolan ini tidak terasa nyeri. Awalnya benjolan ini berukuran kecil, tapi lama kelamaan membesar dan akhirnya melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau puting susu.

Berikut ini 15 ciri-ciri kanker payudara seperti yang dilansir fakta kanker :

1. Perubahan Ukuran dan Bentuk Payudara
Perubahan bentuk dan ukuran ini biasanya terjadi pada salah satu payudara atau kedua-duanya. Misalnya pada perubahan Ukuran dari sebelumnya 34 menjadi 32 dalam ukuran bra. Dalam perubahan bentuk misalnya yang awalnya payudara mancung menjadi terkulai ke bawah.

2. Benjolan disekitar Payudara
Benjolan di sekitar payudara ini merupakan tanda awal terjadinya kanker. Walaupun tidak sepenuhnya menandakan kanker, tetap harus diwaspadai. 
Tanda benjolan yang mungkin terjadinya kanker antara lain: 
- Benjolan terasa keras
- Hanya ada satu benjolan
- Tidak ada benjolan yang samadi payudara sebelahnya
- Kulit payudara berlesung pipit
- Benjolan disertai keluarnya cairan

3. Keluar Cairan dari Puting secara tib-tiba
Keluarnya cairan dari puting secara tiba-tiba adalah salah satu gejala terkena kanker payudara. Cairan tersebut biasanya berwarna putih bening agak kental atau encer. Jika cairan yang keluar berwarna coklat kemerahan, ini merupakan sudah tahap kronis.
Namun secara garis besarnya, apapun yang keluar dari puting secara tiba-tiba alangkah baiknya diperiksa ke dokter agar diberi perhatian khusus.

4. Kerutan disekitar Payudara
Walaupun pada umumnya kerutan biasa dialami oleh orang yang sudah tua, namun bisa saja itu merupakan tanda awal terkena kanker payudara. Kulit payudara yang normal tidak akan memiliki kerutan dan cenderung halus dibagian permukaan kulitnya juga rata kecuali di daerah sekitar puting.

5. Payudara Terlihat Kemerahan dan Bengkak
Gejala awal kanker payudara dapat terjadi pada perubahan warna kulit, maka sebaiknya diperiksa ke dokter spesialis terkait. Perubahan drastis itu meliputi warna kulit di area payudara secara drastis seperti memerah atau membengkak. 
Warna kemerahan pada kulit payudara itu sendiri biasanya akan terasa hangat bila disentuh dan hanya pada daerah itu saja. Selain benjolan ada juga bengkak yang lunak tidak seperti benjolan umumnya yang keras.

6. Nyeri tidak kunjung hilang di bagian tertentu Payudara
Mungkin saja payudara akan terasa nyeri ketika mengalami menstruasi ataupun sedang hamil. Namun rasa nyeri itu tidak kunjung hilang dalam waktu yang lama atau setelah selesainya siklus menstruasi. 
Setelah diteliti namun tidak kunjung hilang kemugkinan merupakan gejala kanker payudara yang harus diwaspadai.
Langkah yang harus dilakukan pada nyeri tersebut antara lain jangan di pencet atau ditempelkan dengan 'minyak' dan sesegera mungkin berkonsultasi pada dokter.

7. Puting masuk ke dalam
Puting susu biasanya akan sejajar dengan kulit atau timbul namun apabila puting tersebut menukik ke dalam kemungkinan gejala awal kanker payudara. Puting yang menukik ke dalam itu dapat terjadi pada kedua payudara atau salah satunya.
Tidak hanya itu saja, semua bagian payudara juga akan menukik kedalam bila benar-benar terkena gejala kanker. 

8. Berasa Gatal di Puting
Gatal yang dialamai terjadi dalam skala kecil dan tidak terlalu mengganggu sampai yang cukup mengganggu serta intensitasnya sudah sangat tinggi. Ini juga merupakan salah satu faktor yang menjadi ciri penyakit kanker payudara.
Selain itu, di kulit payudara juga timbul semacam sisik yang cukup menganggu dan akan terasa sakit jika di kelupas atau dipegang. Jika terjadi ruam di sekitar puting susu sebaiknya berkonsultasi ke dokter terkait.

Beberapa Gejala lanjut Kanker Payudara
Tanda-tanda diatas merupakan gejala awal kanker payudara. Apabila kanker sudah menyebar ke area fisik lainnya di sekitar payudara, kemungkinan akan memberikan efek pada fisik tersebut.
Berikut ini adalah efek dan ciri dari kanker payudara yang terlambat diketahui ataupun yang telah menyebar dan mempengaruhi organ tubuh lainnya.
- Nyeri Tulang pada area tertentu
- Sesak Napas tiba-tiba 
- Nafsu makan berkurang bahkan Hilang
- Batuk-batuk sepanjang hari
- Penurunan berat badan yang drastis
- Penumpukan cairan di sekitar paru-paru (efusi pleura)
- Sakit kepala berkepanjang dan tidak lekas sembuh
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

No comments:

 
Copyright © 2015 Aslinik!
Design by FBTemplates | BTT