Friday, October 23, 2015

Inilah 20 Manfaat Ikan Sarden yang baik untuk Kesehatan

Friday, October 23, 2015 Unknown
foto : modernfarmer
Ikan sarden adalah sejenis ikan laut yang berukuran kecil dan digolongkan kedalam kelompok ikan berminyak. Pada umumnya ikan sarden dikenal sebagai ikan kaleng padahal sebenarnya ada banyak jenis ikan yang bisa dikategorikan sebagai ikan sarden.

Beberapa spesies ikan sarden yang paling populer diantaranya adalah sarden sardina, sadinop, sardinella dan dussumieria. Ikan ini bisa ditemukan di Samudera Atlantik, Samudra Pasifik dan Laut Mediterania. Menurut sebuah laporan dalam beberapa tahun terakhir ikan ini banyak sekali yang hidup di seluruh dunia dan pernah menjadi panen ikan terbesar.

Taukah anda, ternyata ikan sarden banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya nutrisi yang terkandung dalam ikan ini dapat membantu menguatkan tulang, membangun sistem kekebalan tubuh dan peremajaan kulit. Dan berikut ini 20 manfaat lain yang terkandung dalam ikan sarden.

1. Kaya akan Protein
Hanya dengan mengkonsumsi ikan sarden sebanyak 3 ons, tubuh kita akan mendapatkan 23 gram protein.

2. Mengurangi Peradangan dan Resiko Penyakit
Sarden merupakan sumber EPA dan DHA yang sangat baik untuk mengurangi peradangan. Bagusnya, ketika hendak dimasak dibumbui dengan banyak kunyit.

3. Kaya Vitamin dan Mineral
Sarden juga banyak mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B12, vitamin D, Kalsium dan Selenium. Vitamin B12 sangat penting sekali bagi normalnya otak dan sistem saraf.

4. Memperkuat Tulang
Selain memiliki vitamin dan mineral, sarden juga mengandung banyak kalsium yang besar. Kalsium sangatlah penting karena 99% kalsium yang ada pada tubuh disimpan pada tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi sarden sebanyak 2 ons akan menambah 217 mg kalsium pada tubuh kita.

5. Membantu menghilangkan Depresi 
Kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan sarden dapat membantu mengurangi tingkat depresi seseorang.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah
Protein tinggi dan kandungan lemak yang terkandung dalam ikan sarden mampu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah.

7. Nafsu Makan Bertambah
Sarden dapat membantu menambah nafsu makan dan mencegah ngemil yang tidak perlu karena sederhananya, protein tinggi dan kandungan lemak membantu meningkatkan berat badan.

8. Tidak banyak Terkontaminasi dengan Racun
Sarden tidak banyak mengandung racun dan logam karena ikan sarden dikonsumsi predator ikan seperti tuna dan ikan todak. Ikan tuna ini memiliki insting bagus terhadap apa yang akan dimakannya.

9. Dampak Ekologi dan Lingkungan yang rendah
Sarden merupakan rantai makanan laut yang paling rendah. Mereka hanya memakan plankton. 

10. Mencegah Pembekuan Darah
Asupan lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan sarden sangat baik untuk jantung karena bisa mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah stabil.

11. Mencegah Kanker 
Menurut studi tentang kanker, asupan kalsium dan vitamin D dapat membantu mencegah kanker dengan jenis tertentu.

12. Memiliki sifat Antioksidan
Kandungan selenium yang ada dalam ikan sarden dapat membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi organ tubuh.

13. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sering mengkonsumsi ikan sarden dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah studi, bahwa minyak ikan sarden dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel-sel kekebalan.

14. Bagus untuk Kulit
Lemak yang terkandung di dalam ikan sarden memainkan peranan besar terhadap sel-sel kulit serta menurunkan peradangan kulit dan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

15. Mengurangi Resistensi Insulin
Resistensi Insulin adalah salah satu faktor utama terhadap diabetes. Studi mengatakan bahwa mengkonsumsi ikan sarden dapat mengurangi resistensi insulin.

16. Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan omega 3 dan asam lemak dalam ikan sarden menjadi peran utama dalam mengendalikan penyakit jantung. Menurut penelitian, kandungan EPA dan DHA dapat memecah kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu dalam pencegahan penyakit jantung. 

17. Mengurangi Resiko Degenerasi Makula
Degenerasi Makula (AMD) adalah suatu kondisi yang biasanya terlihat pada orang dewasa di atas usia 50 tahun. Baru-baru ini sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi ikan sarden dapat menurunkan tingkat resiko terhadap AMD.

18. Makanan yang Efisien
Ikan sarden memiliki kalori yang rendah namun dengan nutrisi yang tinggi. Mengkonsumsinya cukup mudah dan dapat disajikan dengan berbagai macam cara.

19. Meningkatkan Fungsi Otak 
Minyak ikan dan lemak ikan dikenal dengan makanan yang baik untuk otak. Secara logika, hal ini sangat masuk akal karena hampir 60% dari otak kita merupakan lemak.

20. Kaya akan zat Tembaga
Sarden kaya dengan zat tembaga yang sangat penting untuk pertumbuhan energi dari karbohidrat di dalam sel.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

No comments:

 
Copyright © 2015 Aslinik!
Design by FBTemplates | BTT