Friday, October 23, 2015

4 Transportasi yang memiliki 'Black Box'

Friday, October 23, 2015 Unknown

Kotak Hitam atau yang sering disebut Black Box merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk merekam data dalam sebuah transportasi. Umumnya digunakan untuk merekam sebuah pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara serta mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca dalam pesawat terbang.

Walaupun dinamakan black box akan tetapi sesungguhnya ada beberapa yang tidak berwarna hitam melainkan oren. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika mengalami suatu kecelakaan. Penempatannya pun dilakukan sedemikian rupa agar mudah ditemukan.

Ternyata tidak hanya pesawat terbang saja yang memiliki sebuah kotak hitam, jenis transportasi lain juga memilikinya meskipun tidak semua. Berikut ini transportasi yang memiliki black box yang dirangkum aslinik! dari berbagai sumber.

Kereta Api
Setiap negara pasti memiliki sebutan tersendiri untuk black box pada kereta api. Ada yang menyebutnya Train Event Recorder, On-Train Monitoring maupun Event Recorder System. Meskipun berbeda nama, tetapi fungsinya sama saja untuk mencatat data statistik kereta selama perjalanan. Yang paling difokuskan merujuk pada kecepatan kereta dan pengereman darurat. Biasanya black box diletakan pada lokomotiv kereta dan akan diperbaharui otomatis setiap 48 jam.

Kapal Laut
Di kapal laut terdapat dua jenis blackbox yaitu Global Maritime Distress Safety System dan International Maritime Satelite. Fungsinya adalah untuk memancarkan sinyal berita yang berbahaya ke menara kontrol berupa posisi kapal, nama kapal dan jenis bahayanya. Dari dua jenis black box itu yang paling hebat adalah International Maritime System karena bisa mengirimkan sinyal melalui e-mail, telepon, fax maupun telex.

Mobil
Memang jarang terdengar ada black box pada mobil, namun itu ada dan namanya Blackvue. Fungsinya hampir sama untuk merekam perjalanan mobil secara terus-menerus yang digunakan sebagai bukti apabila mengalami kecelakaan lalu lintas. Blackvue ini juga memiliki GPS yang dapat merekam kecepatan mobil serta lokasi. Black box ini biasanya diletakan di dekat spion depan mobil atau kaca. Meskipun mobil dalam kondisi mati, blackvue mampu mendeteksi keberadaan mobil tersebut.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

No comments:

 
Copyright © 2015 Aslinik!
Design by FBTemplates | BTT