Saturday, October 3, 2015

Hati bisa tenang walaupun banyak pikiran

Saturday, October 3, 2015 Unknown
Ketenangan membuat hati bercahaya
foto : agalliao
Hidup ini memang penuh dengan warna dari setiap sisi kehidupannya. Rasa dari setiap sisi kehidupan tersebut pasti kita sudah pernah merasakannya. Ketika kita sedang sedih apa yang kita lakukan? Terus ketika kita sedang senang mau berbuat apalagi?

Masalah silih datang bergantian kepada kita yang seolah olah-olah membuat hati kita ini menjadi tidak tenang. Namun, ya itulah seni dari kehidupan di dunia ini. Harta tidak menjamin kehidupan yang tenang dan tenang pun tidak akan bisa diraih kalau kita hanya berdiam diri saja. Contohnya banyak selebriti di luar sana yang meninggal karena sulit untuk mencari sebuah ketenangan di dalam hidupnya yang berujung "bunuh diri". 

Semua masalah yang ada di dalam kehidupan kita ini yakin pasti ada solusinya. Karena Tuhan tidak mungkin menguji hambanya dengan ujian yang tidak sebanding dengannya. Lantas bagaimana agar hidup ini tenang walaupun banyak pikiran? Berikut ini sedikit penjelasannya, semoga bermanfaat.

Cobalah kita untuk ikhlas pada setiap perbuatan yang kita telah lakukan. Artinya kita ini pasrah dan hanya menyerahkan diri kita kepada Tuhan. Memang ikhlas pada setiap perbuatan itu agak sedikit susah, namun bila kita sering berlatih pasti bisa. Coba saja lakukan, ketenangan itu pasti ada walaupun hanya sedikit tapi bisa membuat hidup menjadi indah.

Senantiasa bersyukur pada setiap hal-hal kecil baik dalam segi kekayaan, kesehatan, paras, pekerjaan maupun pendidikan ataupun yang lainnya. Bersyukur itu merupakan ungkapan terimakasih kepada Tuhan atas segala pemeberiannya. Dan harus diyakini bahwa apa yang kita miliki ini semua atas izin-Nya.

Terkadang kita selalu membandingkan harta kekayaan dengan milik orang lain. Tapi kapan kita akan berlomba lomba untuk membandingkan ibadah kepada Tuhan kita? Yakinilah, Tuhan pasti memberikan ketenangan kepada Hambanya yang benar benar taat kepada-Nya.

Pikiran dan Hati itu berbeda, pikiran hanya tentang apa yang kita pikirkan di dalam otak kita untuk melakukan suatu hal tertentu, beda halnya dengan hati yang merupakan sebuah rasa paling dalam pada setiap insan manusia.

Ketika kita sedang banyak pikiran, apakah Tuhan itu ada dalam hati kita? Bila ada, apa yang dirasakan? Apakah ketenangan? Pasti! Karena tidak ada hal lain di dunia ini yang membuat hati kita tenang kecuali dengan mengingat Tuhan. Jadi, sebagaimana kesibukan yang dilalui, senantiasa kita harus mengingat Tuhan. 

Kita ini ibarat sebuah butiran debu yang digerakan oleh angin yang berhembus. Kita tidak tahu arah angin itu akan bertiup kemana. Namun kita harus selalu mengikutinya sebagaimana kita digerakan oleh Tuhan kita. Semoga kita dapat merenung sejenak untuk mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

No comments:

 
Copyright © 2015 Aslinik!
Design by FBTemplates | BTT