Friday, October 9, 2015

5 hal tingkatkan kesehatan jantung, pikiran, dan tubuh

Friday, October 9, 2015 Unknown
kesehatan jantung
foto : indianexpress
Kesehatan adalah harta paling mahal yang dimiliki oleh tubuh manusia. Kita sebisa mungkin harus menjaga kesehatan tubuh itu sendiri agar terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti stroke, jantung, diabetes bahkan kanker. Bila hal itu tidak ingin terjadi sebaiknya kita melakukan beberapa hal yang dapat terhindar dari penyakit itu secara optimal.

Untuk memiliki tubuh sehat yang panjang menurut Richard A. Lange, Kepala Kardiologi di John Hopkins School of Medicine America, kita disarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

 1. Latihan Harian
Latihan Harian
foto : dconheels
Kita dapat melakukan beberapa aktivitas seperti berjalan, jogging atau bersepeda. Aktivitas berjalan sangat dianjurkan karena sangat baik bagi kesehatan jantung, tubuh dan pikiran. Paling tidak kita melakukannya sekitar 10 menit. 
Mulailah dengan hal yang sederhana misalnya ketika kita mau naik ke sebuah apartement dengan beberapa lantai ke atasnya, usahakan kita naik tangga. Berjalan ketika mencari tempat makan siang saat sedang bekerja. Selain akan menyehatkan, hal ini dapat menambah relaksasi pikiran dan mengurangi stres.

2. Pilih Makanan Sehat
Pilih makanan sehat
foto : foodal

Berhenti makan makanan cepat saji karena makanan ini terlalu banyak mengandung lemak yang jenuh. Selain itu, kolesterol dan garam yang terdapat di dalam makanannya sangat tidak baik untuk kesehatan otak dan hati.
Kita sebaiknya hanya memakan makanan yang sehat saja seperti buah-buahan, sayur-sayuran, ikan, kacang-kacangan dan yang mengandung minyak zaitun.

3. Berat Badan
Berat Badan
foto : istock
Terlalu banyak berat badan dapat menyebabkan resiko terkena berbagai macam penyakit. Ketika kalori tidak semua terbakar maka penumpukan lemak pada tubuh akan terjadi.
Kita harus banyak berolahraga dan melakukan perubahan terhadap berat badan yang tidak ideal. Cara ini dapat membantu terhindar dari penyakit jantung, diabetes dan stroke.

4. Cek Kesehatan secara teratur
Cek Kesehatan
foto : huffingtonpost

Periksa tubuh kita secara berkala ke Dokter dan katakan riwayat kesehatan keluarga kita kepadanya. Kita juga harus mempelajari beberapa faktor resiko penyakit dan tes skrinning.
Lakukan tes skrining secara rutin agar kita dapat mengetahui adanya penyakit dalam tubuh kita. Jangan berpikiran kita ini sehat tanpa melakukan cek kesehatan terlebih dahulu.

5. Kurangi Stres
Kurangi Stres
foto : brainhealthpro

Beberapa kegiatan dapat mengurangi tingkat stres kita seperti banyak berkumpul dengan teman, keluarga maupun kerabat, banyak berolahraga, makan dengan teratur dan porsi tidur yang baik. 
Yang paling penting dari itu semua yaitu kita harus dapat melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-harinya secara teratur dan jangan melakukan tersebut secara berlebihan.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

No comments:

 
Copyright © 2015 Aslinik!
Design by FBTemplates | BTT